Laman

Rabu, 08 Februari 2012

Musi Rawas Baru Miliki Satu MA Kejuruan



Habibullah Angkasa
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat: Saat ini di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, baru memiliki satu Madrasah Aliyah (MA) Kejuruan. MA Kejuruan yang merupakan sebagai percontohan yakni MA Al Muhajirin F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) pada Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas, Habibullah Angkasa, kepada wartawan, Selasa (7/2).

"Kejuruan pada MA ini berbeda dengan Kejuruan pada sekolah umum. Jurusannya diantaranya Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keagamaan,"kata Habib.

MA Kejuruan ini, kata Habib terutama pada jurusan keagamaan, siswa di lebih difokuskan pada bidang keagaaman.

Menurut Habib, Dalam penerapan MA Kejuruan pihaknya masih menemui kendala-kendala, karena orientasi lulusan MA belum menjurus ke jenjang Perguruan Tinggi bidang agama dalam hal ini Institut Agama Islam Negeri maupun Swasta.

"Dengan masih berpeluangnya lulusan MA untuk mengambil jurusan umun di Perguruan tinggi menimbulkan minat siswa belum meningkat untuk mengambil jurusan keagamaan,"jelasnya.

Namun, walaupun masih menemui kendala-kendala, kata Habib pihaknya terus melakukan sosialisasi-sosialisasi terutama terhadap siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs).

"Sasaran sosialisasi ditujukan kepada siswa MTs ini bertujuan, agar saat melanjutkan ke MA, nantinya diharapkan dapat memilih MA Kejuruan,"katanya.

Untuk diketahui, saat ini di Musi Rawas terdapat 78 Rhaudatul Athfal (RA), tiga Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan 36 MI Swasta, 36 MTs Swasta dan dua MTs Negeri, serta satu MA Negeri dan 11 MA Swasta.(Ande)

Tidak ada komentar: