Laman

Jumat, 30 Maret 2012

Daerah Terpencil Masih Kekurangan Guru


Edi Iswanto
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat: Masih kurangnya tenaga guru di daerah terpencil, disebabkan banyaknya guru yang enggan bertugas di daerah tersebut sehingga terjadinya penumpukan di daerah perkotaan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Edi Iswanto, Jum'at (30/3/2012).

"Memang banyak guru yang ingin mengajar di sekolah-sekolah terdekat dan mudah dijangkau dan enggan bertugas di daerah-daerah terpencil,"katanya.

Dengan demikian, kata dia banyak sekolah yang kelebihan guru, sedangkan sekolah di daerah terpencil kekurangan guru. "Untuk melakukan pemerataan, pastinya ada rolling dan mutasi, karena masyarakat di daerah terpencil juga berhak mendapatkan pendidikan yang sama,"ujarnya.

Menurut Edi, saat ini Musi Rawas masih kekurangan guru, khususnya di daerah terpencil dan pihaknya akan segera melakukan pendataan daerah yang masih kekurangan guru. Selanjutnya, hasil pendataan tersebut dikirim ke Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Selatan.

Daerah yang masih kekurangan guru, diantaranya desa di Kecamatan Rawas Ilir, Nibung, Ulu Rawas dan daerah lainnya yang transportasinya belum lancar. (Rian)

Tidak ada komentar: