Laman

Jumat, 29 Juni 2012

Puskesmas Air Beliti Minim Sarana dan Prasarana


Nuryadi
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat : Agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Air Beliti, Kecamatan Tuahnegeri, walaupun masih minim sarana dan prasarana.

Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Puskesmas Air Beliti, Kecamatan Tuah Negeri, Musi Rawas, Nuryadi, saat dibincangi Jurnal Rakyat, Jum'at (29/6/2012), mengungkapkan saat ini sarana dan prasarana di Puskesmas Air Beliti masih banyak yang belum terpenuhi  diantaranya belum adanya ruang untuk apotik, poly gigi, laboratorium, dapur serta kamar mandi/toilet untuk pasien sehingga perlu mendapatkan perhatian dari pihak-pihak terkait.

“Memang, di Puskesmas kita ini masih minim fasilitas, tapi kita tetap berusaha untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,”katanya.

Dalam mengatasi hal tersebut, menurut Nuryadi pihaknya memanfaatkan secara maksimal ruangan  yang ada.

Seperti halnya untuk poly gigi dan apotik dapat kita buatkan dengan sekat-sekat pembatas. Namun, untuk ruang laboratorium, rasanya kurang baik kalau tidak mempunyai ruangan secara tersendiri,”ujarnya.

Ditambahkannya, selain fasilitas yang tersebut diatas, Puskesmas Air Beliti juga kekurangan meubiller, komputer dan sarana air bersih. Dan untuk air bersih sendiri, sudah ada sumur bor, tapi hal tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan Puskesmas.

“Puskesmas ini telah memiliki sumur bor, namun sejak dibangun pada tahun 2008 lalu hingga sekarang ini tidak ada airnya,”jelasnya.

Menurut Nuryadi, setiap tahun pihaknya selalu mengusulkan kekurangan-kekurangan fasilitas tersebut baik langsung ke Dinas Kesehatan maupun pada Musrenbang Kecamatan, namun hingga sekarang ini belum juga ada perealisasiannya.

“Mudah-mudahan, pihak-pihak terkait segera merealisasikan untuk meningkatkan fasilitas di Puskesmas Air Beliti ini, demi peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat,”tutupnya.(Biroe)

Tidak ada komentar: