Laman

Senin, 18 Juni 2012

Wawako Buka Kegiatan Kemah Bhakti Pramuka 2012

LUBUKLINGGAU, Jurnal Rakyat: Sebanyak 458 peserta mengikuti kegiatan Kemah Bhakti Pramuka Tingkat Kwartir Cabang Kota Lubuklinggau tahun 2012. Kegiatan yang dipusatkan di Kompeks Ponpes ICM Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan I itu dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe serta dihadiri sejumlah pejabat daerah ini diantaranya Ketua DPRD, Kapolres, kepala SKPD dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Lubuklinggau, H Nobel Nawawi diwakili panitia pelaksana kegiatan, H Burlian, dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa pengabdian dan kepedulian anggota gerakan Pramuka terhadap lingkungan, serta melaksanakan bhakti nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat.
 
Adapun rangkaian kegiatannya lanjut Burlian, antara lain bakti penghijauan (penanaman pohon pelindung dan buah-buahan), bakti social (pembersihan rumah ibadah, perbaikan WC umum di Komplek ICM dan lingkungan masyarakat). Kemudian pelayanan dan penyuluhan kesehatan keluarga berencana, penyuluhan wawasan kebangsaan, perlombaan-perlombaan dalam Pramuka, pengumpulan buku untuk bantuan perpustakaan kelurahan, pengembangan usaha produktif dan kewirausahaan remaja serta pentas seni.  Waktu pelaksanaan kata Burlian, dilaksanakan pada 16-21 Juni 2012 dengan tema Pramuka bersama membangun Kota Lubuklinggau.
 
Sementara itu, Wakil Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dalam arahannya mengatakan perkembangan Gerakan Pramuka selama ini mengalami pasang surut yang cukup signifikan. Pada kurun waktu tertentu, Pramuka dianggap kurang penting oleh kaum muda, akibatnya pewarisan nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah Pancasila dalam pembentukan kepribadian kaum muda yang merupakan inti dari pendidikan kepramukaan tidak optimal.
 
Hal inilah sambung Wawako, yang menjadi latar belakang pencanangan revitalisasi Gerakan Pramuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-45 tahun 2006 lalu. Tujuan utama dari pencanangan revitalisasi Gerakan Pramuka tersebut adalah sebagai upaya untuk memantapkan eksistensi Gerakan Pramuka, meningkatkan fungsi Gerakan Pramuka, mempertahankan organisasi Gerakan Pramuka sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia.
 
Gerakan Pramuka dengan visi dan misi yang dimiliki, sampai saat ini terus berusaha mempersiapkan calon pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak mulia pada masa depan. Berbagai keberhasilan yang sudah diraih harus dapat dipertahankan dan bahkan harus dapat lebih ditingkatkan pada masa depan agar generasi muda dapat menjadi generasi yang unggul, peduli dan mempunyai kesadaran sebagai anggota masyarakat yang berkewajiban membangun kota.
 
Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat pada pelaksanaan Kemah Bakti Pramuka ini, yaitu “Pramuka bersama membangun Kota Lubuklinggau”. Kemah Bakti Pramuka ini adalah salah satu hal yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kualitas seluruh anggota Pramuka sehingga dapat memajukan dan mengembangkan Gerakan Pramuka Kota Lubuklinggau. Kegiatan ini juga menjadi salah satu wahana untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota termasuk memperkuat karakter, kepribadian dan rasa kebangsaan adik-adik peserta kemah.
 
Untuk itu Wawako berharap, seluruh peserta Kemah Bakti Pramuka ini dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh. Kegiatan ini seyogyanya dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi anggota Pramuka, karena dikemas dalam bentuk praktek di lapangan yang menarik, menantang dan mengandung pendidikan.(Humas & Protokol Kota Lubuklinggau)

Tidak ada komentar: