Laman

Kamis, 05 Desember 2013

Awas! Longsoran Batu di Jalur Alternatif Pagaralam-Lahat



Longsor Batu - Ilustrasi                  /Foto.Net
PAGARALAM, Jurnal Rakyat : Hujan yang terus mengguyur Kota Pagaralam, Sumatera Selatan dan sekitarnya mulai menunjukan dampak buruk bagi masyarakat.

Pasalnya akibat intensitas hujan semakin tinggi sejumlah tebing yang ada di kawasan jalur alternatif Pagaralam-Lahat mulai longsor. Bahkan ada beberapa titik dijalur tersebut material longsor sudah menutupi badan jalan.

Parahnya material longsor bukan saja tanah atau batu kerikil, namun material longsor yang jatuh dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 100 meter yaitu batu dengan ukuran besar.

Kondisi tersebut sangat membahayakan para pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut. Ditambah lagi saat ini jalur alternatif tersebut mulai ramai dilalui pengguna jalan.

Pantauan Sripoku.com, Kamis (5/12/2013), batu berukuran besar tampak menutupi jalan dikawasan Dusun Gumay Talang Kecamatan Gumay Ulu. Bahkan batu yang ukurannya hampir sebesar mobil tersebut telah menutupi separuh badan jalan. Akibatnya arus lalu lintas cukup terganggu.

Nasib (41) salah satu buruh angkut batu mengatakan, memang batu berukuran besar sering jatuh dari atas tebing tersebut. Bahkan akhir-akhir ini sudah beberapa kali longsor batu besar terjadi dikawasan tersebut.

"Jika hujan turun biasanya ada saja batu yang jatuh dari atas tebing ini pak. Memang kawasan ini salah satu daerah rawan longsor untuk jalur alternatif ini. Bahkan hampir setiap tahun selalu saja ada longsor disini," ujarnya.(Sripoku.com)

Tidak ada komentar: