Laman

Minggu, 22 Desember 2013

BNN Sosialisasi Pencegahan Narkoba Hingga Kecamatan




Foto. Istimewa
TERNATE, Jurnal Rakyat : Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggalakkan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba hinga ke kecamatan, mengingat peredaran narkoba saat ini telah menjangkau ke wilayah itu.

Kepala Bidang Penyuluhan BNN Malut Ardiyanti Dero di Ternate, Sabtu, mengatakan, melalui penyuluhan itu diharapkan masyarakat bisa mengetahui semua informasi terkait dengan narkoba, terutama bahayanya sehingga tidak mudah terpengaruh dengan barang haram itu.

Selain itu, melalui sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat setempat bisa berpartisipasi aktif dalam upaya mencegah peredaran narkoba. 

Upaya lain yang digunakan BNN Malut untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba adalah menggalakkan penyuluhan kepada berbagai lapisan masyarakat, termasuk dilingkungan pendidikan baik ditingkat SMP sampai perguruan tinggi.

BNN Malut juga telah membentuk kader antinarkoba ditingkat sekolah, perguruan tinggi, organisasi kepemudaan dan komunitas masyarakat adat, yang akan menjadi perpanjang tangan bagi BNN dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing.

Semua upaya yang dilakukan BNN Malut tersebut mulai menunjukan hasil yang menggembirakan, tercermin dengan menurunnya presentasi pengguna narkoba di Malut yang pada 2012 Malut berada diurutan empat secara nasional, sedangkan pada 2013 ini menurun menjadi urutan ke-30 secara nasional.

Menyinggung rencana BNN Malut melakukan tes urine kepada para pejabat birokrasi dan anggota legislatif di Malut, Ardiyanti mengatakan belum bisa dilakukan seluruhnya karena kurangnya tanggapan dari parap pejabat birokrasi dan anggota DPRD di daerah itu.(Republika)

Tidak ada komentar: