Laman

Kamis, 02 Agustus 2012

Pemerintah Harus Buat Kelompok Petani Kedele



Budiman
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), meminta pemerintah daerah setempat untuk memberdayakan petani kedele yang ada,  agar masyarakat dapat menkonsumsi tempe dan tahu dari bahan baku dari para petani lokal dan tidak harus mnengharapkan kedatangan kedele yang di expor oleh negara lain.
 “Petani yang ada di Mura ini seharusnya bisa lebih kreatif untuk meningkatkan hasil kacang kedele, dengan adanya kondisi kedele banyak di expor dari luar negeri. saya sangat perihatin dengan kondisi itu padahal kita memiliki petani kedele sendiri,”kata Anggota Komisi I DPRD Mura, Budiman, kepada wartawan, Kamis (2/8).
Menurutnya, selama ini kedele dianggap sangat kecil oleh masyarakat,karena dianggap seperti itu jadi masyarakat dan petani banyak yang lalai untuk memberdayakan kacang kedele.
“Saya meminta kepada pemerintah Kabupaten Mura melalui istansi terkait untuk membuat kelompok petani kedele, agar produkdi kedele di daerah ini meningkat lagi sehingga tidak perlu menunggu, kedele dari negara lain untuk membuat tempe dan tahu yang kita kenal adalah makanan kesukaan masyarakat seluruh lapisan,”tegasnya.
Politisi Partai Gerindra ini juga menambahkan, seharusnya sejak dari awal pemerintah harus memikirkan hal ini, jangan sampai berkepanjangan karena hal ini berdampak buruk bagi kehidupan para pengusaha tempe dan tahu di Mura.
“Untuk itu kami nanti akan memanggil istansi terkait untuk mengajak mereka membentuk kelompok tani pemberdaya kedele, dan mencari solusi terbaik agar hal ini tidak berdampak buruk bagi perekonomian masyarakat,”pungkasnya. (R Tandjung)

Tidak ada komentar: