Laman

Minggu, 08 Desember 2013

Minat Baca Warga OI Masih Tergolong Minim



Foto. Net
OGAN ILIR, Jurnal Rakyat : Kendati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan telah menyediakan perpustakaan daerah yang terdiri dari sebanyak 9.072 buku, namun sampai dengan saat ini minat baca masyarakat bumi "Caram Seguguk" tergolong sangat minim.

Berdasarkan data dari Kantor Perpustakaan OI, minat baca warga yang dominan terdapat di Kecamatan Inderalaya serta di daerah pemukiman transmigrasi dan Kecamatan Rambang Kuang.

"Guna menumbuhkan minat baca kepada masyarakat tidaklah mudah, paling tidak pihak kantor Perpustakaan Daerah terus berupaya seperti melakukan penambahan buku hingga tersedianya kendaraan Perpustakaan keliling. Hanya saja, minat baca warga tergolong masih minim," kata Kepala Kantor Perpustakaan OI Masulin Sayuti, S.Sos, Jumat (7/12/2013) ketika ditemui di ruang kerjanya.

Ia menyatakan, sebanyak 9.075 buku yang ada di Perpustakaan Daerah tersebut, diantaranya yakni buku Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kesehatan, cerita anak dan ilmu pengetahuan keagamaan. Dengan sejumlah buku yang ada sebenarnya sudah cukup, lagi pula setiap tahunnya buku-buku tersebut terus diperbaharui.

Lanjutnya, beragam buku pustaka tersebut merupakan bantuan dari Perpustakaan Pusat, Perpustakaan Provinsi dan APBD OI. Seperti untuk tahun 2013 ini ada sekitar 152 buah buku merupakan bantuan dari pusat. Selebihnya dibeli dengan menggunakan dana APBD OI.

Menurut Masulin, tercatat dalam waktu satu minggunya hanya sekitar 50 pengunjung ke perpustakaan daerah, itu hanya terdiri dari mahasiswa dan pegawai yang ada dilingkungan Pemkab OI.

"Untuk meminjam buku di perpustakaan daerah sebenarnya sangat gampang persyaratannya cukup melampirkan copy KTP atau identitas lainnya. Buku boleh di bawa pulang selama tiga hari, kalaupun ada penambahan jadwal peminjaman, pelanggan bisa menghubungi via telepon ke petugas diperputakaan Pemkab OI," jelasnya.

Upaya pemerintah Kabupaten OI untuk meningkatkan minat baca terus dilakukan misalnya dengan memberdayakan perpustakaan keliling. Hanya dengan satu unit kendaraan roda empat yang sebanyak 2 kali dalam sebulan melakukan perpustakaan keliling di sebanyak 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten OI.

Untuk itu pihaknya berharap agar pemerintah menganggarkan untuk menambah satu unit mobil lagi untuk digunakan sebagai perpustakaan keliling, agar lebih mudah untuk menjangkau ke 16 kecamatan yang ada.

Sementara itu lanjut Masulin, tahun 2013 ini ada tujuh desa yang mendapat bantuan langsung dari perpustakaan provinsi, masing masing desa mendapat bantuan 1.000 judul terdapat di 500 buah buku. 

Adapun ketujuh desa tersebut yaitu desa Sukamulya Kecamatan Indralaya Utara, desa Limbangjaya satu Kecamatan Tanjung Batu, desa Betung satu kecamatan Lubuk Keliat, desa Seri kembang kecamatan Payaraman, Mekarsari Rantau Alai, desa Padang Arang Kandis, dan desa Talang Dukun kecamatan Sungai Pinang. Selain mendapat bantuan buku ketujuh desa tersebut juga mendapat bantuan perlengkapannya.(Sripoku)

Tidak ada komentar: