Laman

Selasa, 03 Desember 2013

Pupuk Organik Tak Kalah Dengan Pupuk Kimia



Andep Musrapa                  /Foto. Apandi
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat : Pertanian dengan menggunakan pupuk organik hasilnya pun tak kalah dengan pertanian dengan menggunakan pupuk kimia.

Demikian dikatakan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Andep Musrapa saat dibicangi Jurnal Rakyat, Selasa (3/12/2013).

"Agar petani tidak ketergantungan terhadap pupuk kimia atau urea dalam pola penanaman padi, para petani yang ada di Kecamatan Tuah Negeri khususnya dan Kabupaten Musi Rawas pada umumnya agar mengurangi pemakaian pupuk kimia sedini mungkin dan beralih menggunakan pupuk organik,"katanya.

Menurutnya, Pertanian dengan pupuk organik memiliki banyak kelebihannya, seperti hasil produksi pertanian akan bebas dari residu kimia sehingga aman bagi kesehatan manusia serta dapat juga memulihkan kesuburan tanah dan lingkungan dari residu kimia.

“Menggunakan pupuk organik, tidak hanya dari kualitas produk saja, namun secara kuantitas hasil panen tak kalah dengan pertanian kimia,”jelasnya.

Dengan beralih menggunakan pupuk organik sejak dini, katanya merupakan langkah awal seandainya terjadi kelangkaan pupuk bersubsidi. Sehingga para petani tidak lagi akan ketergantungan terhadap pupuk kimia yang bersubsidi tersebut.

Masih menurut Andep, Apabila petani hanya mengandalkan pupuk kimia, akan merepotkan bahkan mengakibatkan aktifitas menanam padi menjadi lumpuh jika pupuk kimia sedang sulit didapatkan.

“Oleh sebab itu, para petani, sedini mungkin untuk menggunakan pupuk buatan atau pupuk organik,”katanya.(Apandi)

Tidak ada komentar: