Laman

Senin, 11 Juni 2012

Pendaftaran Balon Independent Sepi Peminat


Hendri Almawijaya
LUBUKLINGGAU, Jurnal Rakyat: Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota jalur independent tanggal 10 Juni 2012 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau, hingga saat ini belum ada satupun bakal kandidat yang mendaftar melalui jalur tersebut.
Ketua Divisi Teknis KPUD Kota Lubuklinggau, Hendri Almawijaya, kepada wartawan Senin (11/6/2012), mengungkapkan penerimaan berkas bakal calon walikota dan wakil walikota jalur independent dibuka dari tanggal 10 – 14 Juni 2012.
“Hingga hari ini (Kemarin, red) belum ada yang mendaftar melalui jalur independen, namun kesempatan para bakal calon yang akan maju masih memiliki kesempatan dua hari lagi jika ingin mendaftar. Sebab pendaftaran di tutup pada tanggal 14 Juni 2012 mendatang,”katanya.
Dijelaskannya, tanggal 10 hingga 14 juni kita mengumumkan dan langsung menerima pendaftaran calon wako dan calon wawako melalui jalur independent, proses selanjutnya setelah sudah menyampaiakan bukti-bukti dukungan masyarakat melalui identitas kependudukan pada tanggal 15 sampai dengan 17 Juli 2012.
“KPUD tetap akan memberikan kesempatan kepada calon yang menggunakan jalur independent untuk melengkapi jumlah dukungannya.  Karena pada saat penyerahan bukti dukungan tersebut belum tentu jumlah dukungan yang mereka bawah ke KPU sudah cukup,”jelasnya.

Setelah berkas lengkap, lanjutnya maka bukti dukungan tersebut akan di kirim ke PPS untuk di lakukan verifikasi faktual yang akan di lakukan oleh pihak PPS.
“Proses dari verifikasi fatual itupun pasti akan memakan waktu yang cukup lumayan lama sekitar 14 hari dari tanggal 21 hingga 4 juli,”Paparnya
Kemudian setelah dilakukan verifikasi oleh pihak PPS, tambahnya maka semua berkas dukungan tersebut juga diserahkan lagi kepada pihak PPK. Untuk dilakukan verifikasi kecamatan, setelah itu baru di serahkan lagi kepada KPU untuk dilakukan verifikasi ulang.
“Jumlah dukungan minimal sebanyak 6,5 persen dari jumlah penduduk yang ada di kota ini atau sekitar 13ribu lebih dukungan dari masyarakat dengan catatan harus tersebar di delapan kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau,”katanya. (Biroe/R Tanjung)

Tidak ada komentar: