Laman

Kamis, 28 November 2013

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Masyarakat Sehat


* Melalui Bank Sampah

Mesin Pencacah Sampah Milik Bank Sampah Bugi Wangi
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat : Guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, Pemerintah Desa Sukamulya, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan mendirikan Bank Sampah Bugi Wangi.

Kepala Desa Sukamulya, Heri Efendi, saat dibincangi Jurnal Rakyat, Kamis (28/11/2013) mengungkapkan Bank Sampah Bugi Wangi ini merupakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sukamulya.

"Didirikannya Bank Sampah ini pada tahun 2012 lalu, guna meningkatkan kebersihan lingkungan sehingga dapat terciptanya lingkungan yang sehat,"katanya.

Menurutnya, saat ini pengelola Bank Sampah Bugi Wangi, masih di kelola oleh ibu-ibu PKK Desa Sukamulya. Sedangkan nasabah-nasabah Bank Sampah sendiri masih didominasi oleh ibu-ibu dasawisma yang ada di Desa Sukamulya.

"Ibu-ibu menyetorkan sampah-sampah rumah tangga, seperti botol-botol plastik minuman kemasan, kardus, dan sampah lainnya,"jelasnya.

Pihak Bank Sampah, tambahnya, menambahkan saldo nasabah dengan jumlah uang sesuai dengan harga dan banyaknya sampah yang disetorkan.

Selain itu, lanjut Heri, Bank Sampah juga didukung mesin pencacah plastik, untuk menhancurkan sampah-sampah plastik untuk dijual kembali.

"Mudah-mudahan dengan adanya Bank Sampah Bugi Wangi ini, lingkungan akan menjadi bersih sehingga terciptanya lingkungan yang sehat di Desa Sukamulya ini pada khususnya dan  Kecamatan Tuah Negeri pada umumnya,"pungkasnya.(Supran)

Tidak ada komentar: