Laman

Kamis, 28 November 2013

Desa Sukamulya Dinilai Oleh Tim Penilai Provinsi


*Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Sumsel

Tim Penilai disambut dengan Tari Tanggai
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat : Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (28/11/2013) melakukan penilaian terhadap Desa Sukamulya, Kecamatan Tuahnegeri, Kabupaten Musi Rawas, terkait desa tersebut dipercaya mewakili Kabupaten Musi Rawas mengikuti Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Provinsi Sumsel 2013.

Dalam laporannya, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Musi Rawas, Lili Martiani Ridwan, melalui Ketua TP PKK Kecamatan Tuah Negeri, Hamida Yati, yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Desa Sukamulya, Suryanti, mengatakan, sebelum dilakukan penilaian oleh tim provinsi, Desa Sukamulya berhasil menjadi yang terbaik pertama di tingkat kecamatan, selanjutnya Desa Sukamulya juga berhasil menyisihkan desa-desa lainya di tingkat Kabupaten Musi Rawas dan berhak mewakili Kabupaten Musi Rawas mengikuti Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Provinsi Sumsel 2013.

Laporan Ketua TP PKK Sukamulya
“Melalui proses yang panjang yang dilaksanakan beberapa waktu lalu sehingga Desa Sukamulya, Kecamatan Tuahnegeri mewakili Kabupaten Musi Rawas pada tingkat provinsi,”katanya.

Kriteria yang dinilai pada lomba desa, tambahnya, diantaranya, Pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, ketentraman dan ketertiban masyarakat, partisipasi masyarakat, kesadaran berbangsa, keberadaan lembaga kemasyarakatan serta pemerintahan desa.

“Mudah-mudahan, setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai Provinsi nanti, Desa Sukamulya akan mendapatkan nilai terbaik dari Kabupaten lainnya di Provinsi Sumsel ini,”imbuhnya.

Kaban PMPD Mura, Camat Tuah Negeri, Tim Penilai Provinsi,
TP PKK Mura dan Kec.Tuah Negeri 
Sementara, Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Sumsel 2013, yang diketuai oleh Nurmala, mengatakan, tim penilai yang akan melakukan penilaian terhadap Desa Sukamulya, Kecamatan Tuahnegeri, Kabupaten Musi Rawas  terdiri dari beberapa instansi diantaranya, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sumsel, Dinas Kesehatan, Badan Keluarga Berencana Nasional Sumsel, TP PKK dan dari Kantor Pemberdayaan Perempuan.

Tim Penilai Meninjau Hasil Usaha PKK Sukamulya
“Penilaian yang dilakukan terbagi dalam beberapa kriteria diantaranya, bidang kebersihan dan kesehatan lingkungan dan masyarakat, gotong royong masyarakat, kesejahteraan masyarakat serta keamanan dan ketertiban desa,”terangnya.

Selain itu, lanjutnya, penilaian dilakukan bukanlah suatu bentuk tujuan untuk mencapai kemenangan, namun ini merupakan stimulan dari hasil yang telah dicapai sebelumnya.

“Yang paling penting adalah bagaimana memotivasi dan memberdayakan masyarakat dalam mengisi pembangunan yang telah dicanangkan oleh pemerintah,”ujarnya.

Teknisi Mesin Pencacah Sampah Menjelaskan cara kerja Mesin
Penilaian lomba lingkungan bersih dan sehat Tingkat Provinsi Sumsel ini, menurutnya Kabupaten Musi Rawas ini merupakan kabupaten/kota ke14 yang telah dilakukan penilaian dari 15 kabupaten/kota dalam Provinsi Sumsel.

“Setelah selesai dilakukan penilaian terhadap 15 kabupaten/kota, yang mendapat predikat terbaik akan mewakili Provinsi Sumsel pada Lomba tingkat  nasional,”pungkasnya.(pariwara/apandi)

Foto Bersama Tim Penilai di Rumah Sehat

Tidak ada komentar: