Laman

Kamis, 02 Februari 2012

Disdik Klaim Sekolah Gratis Sudah Terealisasi


Hartoyo

MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat: Dinas Pendidikan atau Disdik Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan mengklaim bahwasanya Program Sekolah Gratis di kabupaten setempat sudah terealisasi hampir 100 persen.

Kepala Bidang Program, pada Dinas Pendidikan Musi Rawas, Hartoyo, Rabu (1/2), sekolah gratis untuk tahun ini tetap dilanjutkan sebagaimana program pemerintah pusat. Untuk sharing pembayarannya 60 persen dari dana provinsi dan 40 persen dari Musirawas. Sekolah gratis adalah subsidi biaya pada sekolah dihitung cost unit per siswa untuk sekolah yang selama ini dibebankan pada orang tua murid. 

“Dalam artian biaya minimal dari sekolah. Jika ada sumbangan dari pihak wali murid itu sah saja, asal tidak memaksa,”jelas Hartoyo.

Sekolah tidak boleh memungut biaya sebagaimana Undang-Undang yang menyatakan pendidikan merupakan tanggung jawab pemerintah namun membutuhkan pertisipasi masyarakat. Mengenai program sekolah gratis setiap akhir tahun, Desember 2011 lalu telah membuat laporan ke pusat.

“Untuk anggaran sekolah gratis 2011 mencapai Rp 14 Milyar. Dari anggaran tersebut bersisa Rp 629 Juta untuk mengantisipasi anggaran perubahan siswa. Sehingga tahun 2011 anggaran sekolah gratis sudah hampir tercapai 100 persen,”katanya.

Sementara untuk anggaran sekolah gratis tahun 2012 belum diketahui karena masih menunggu rapat kordinasi terlebih dulu.(Ande)

Tidak ada komentar: