Laman

Rabu, 22 Februari 2012

LP Kerobokan Rusuh, Narapidana Lakukan Pembakaran


Ilustrasi
DENPASAR, Jurnal Rakyat: Sejumlah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Kerobokan, Badung, Bali mengamuk malam ini. Mereka membakar lapas dan merusak sejumlah ruang kantor yang berada di dalam kawasan Lapas.

Pantauan, Rabu (22/2/2012), sekitar pukul 01.15 WITA, kondisi pintu depan LP telah terbakar api. Api menjalar hingga ke bagian kantor petugas LP yang ada di bagian depan. Seluruh napi mengamuk dan menjebol hampir semua pintu blok.

Api ini diduga dipicu oleh keributan antar narapidana. Insiden mulai terjadi sekitar pukul 22.30 WITA. Para petugas pemadam kebakaran tampak berusaha memadamkan api. Sebanyak 3 unit mobil pemadam diturunkan.

Namun pemadaman petugas ini mendapat gangguan dari para narapidana yang ada di dalam LP. Sekitar ribuan narapidana yang berhasil keluar dari sel masing-masing, malah melempari petugas dan aparat dengan batu.

Ratusan aparat gabungan dari TNI dan Polri telah berada di lokasi untuk berjaga-jaga. Langkah ini juga menjadi antisipasi jika para narapidana yang berada di dalam berusaha menjebol pintu keluar.

Namun sebagian aparat mencoba masuk untuk mengamankan para narapidana.

Ratusan polisi anti huru-hara juga bersiaga di luar LP yang menampung sekitar 3.000 narapidana ini. Sedangkan Jl Raya Kerobokan yang tepat berada di depan LP ditutup hingga radius 10 meter.

Warga sekitar tampak berkerumun menyaksikan insiden ini. Saat ini proses pemadaman masih berlangsung.

Diduga pembakaran ini, merupakan buntut keributan antar napi di LP Kerobokan, Kuta Utara, Badung, pada Minggu 19 Februari 2012. (Okezone/Detik)

Tidak ada komentar: