Laman

Rabu, 18 Desember 2013

Curah Hujan Tinggi, Harga Beras Berpotensi Melonjak



Foto. Istimewa
JAKARTA, Jurnal Rakyat : Curah hujan yang tengah tinggi saat ini berpotensi membawa peningkatan biaya hidup masyarakat. Pasalnya, harga beras bakal meroket akibat potensi banjir.

Berdasarkan catatan Badan Urusan Logistik (Bulog), harga beras medium dalam minggu ini sebesar Rp 8100 - Rp 8200 per kilogram. Namun, harga tersebut masih akan berubah hingga akhir tahun jika terjadi banjir.

"Kalau catatan kami di sekarang ini kalau presentase di atas 30an persen di atas HPP. Beras-beras medium dari Rp 6.600 berarti sekitar Rp 8.100-8.200 per kg," ujar Kepala Bulog, Sutarto Alimoeso, usai Rapat Koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Sutarto mengatakan, untuk harga beras hingga akhir tahun biasanya memiliki tren penurunan. Akan tetapi, jika terjadi banjir maka akan terjadi sebaliknya karena distribusi yang terhalang.

"Biasanya kalau tidak terjadi hal-hal yang banjir. Biasanya akhir tahun mulai turun harga," jelasnya.

Harga beras minggu ini, menurutnya, sudah sama dengan tahun lalu. Padahal, sebelumnya posisi harga beras berada di bawah harga tahun lalu.(Merdeka.com)


Tidak ada komentar: