Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

Paripurna BBM Ricuh, Mahasiswa Ikut Protes


JAKARTA, Jurnal Rakyat: Menjelang tengah malam, rapat paripurna pembahasan BBM semakin ricuh. Fraksi PDI Perjuangan tak terima dengan dua opsi yang ditawarkan. Mereka meringsek masuk ke arah pimpinan sidang. Rapat pun diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB.

Pantauan detikcom, Jumat (30/3/2012) malam, kericuhan terlihat saat Ketua sidang Marzuki Alie menawarkan dua opsi voting yakni tetap mempertahankan pasal 7 ayat 6, opsi kedua ada tambahan huruf 6A untuk memberi keleluasaan pada pemerintah menaikkan BBM.

Nah, saat Marzuki meminta Fraksi Partai Demokrat untuk berdiri memulai voting, seluruh anggota Fraksi PDIP merangsek ke depan. Mereka meneriaki pimpinan sidang.

Aksi saling dorong pun terjadi. Anggota FPDIP diminta untuk kembali ke kursi, namun tetap menolak.

Pemungutan suara hingga kini masih berlangsung. Baru Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Partai Golkar yang melakukan voting. Karena jam sudah menunjukkan pukul 00.00 WIB, maka rapat diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB untuk melanjutkan voting.

Tidak hanya itu, sejumlah mahasiswa yang berada di Fraksi Balkon juga ricuh. Mereka terlibat aksi saling dorong dengan petugas Pamdal.

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang ikut menyaksikan rapat paripurna ikut memprotes jalannya rapat paripurna. Bereaksi dengan hal tersebut, belasan Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR mengamankan para mahasiswa berjaket kuning itu. Mahasiswa UI ikut memprotes dikarenakan jalannya rapat paripurna yang memaksakan voting. Mereka berdiri dari tempat duduknya dan mengacungkan tangan.

Pamdal balkon ruang paripurna yang melihat hal tersebut bereaksi cepat. Mereka langsung mengerubuti dan meminta para mahasiswa untuk tertib.

"Tenang, tenang!" teriak Pamdal.

Beberapa wartawan berusaha menghalangi aksi Pamdal. Sempat terjadi aksi dorong mendorong. Setelah ditengahi wartawan, akhirnya mahasiswa tidak jadi dikeluarkan. (Detik)

Tidak ada komentar: