Laman

Selasa, 10 Januari 2012

Anggaran Ideal Rehab SD Rp 16 Miliar


Hartoyo

MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat: Anggaran ideal untuk merehab Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Musi Rawas, Propinsi Sumatera Selatan, saat ini sedikitnya mencapai Rp16 miliar pertahun.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Program pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Rawas, Hartoyo, Selasa (10/1).

Dari 421 SDN ditambah tujuh SD swasta, 30 persen diantaranya mengalami kerusakan sedang. Sehingga dengan dana sebesar itu, paling tidak pertahunnya kita bisa merehab 80 SDN.

"Saat ini,  anggaran untuk kegiatan perebahan sekolah yang mengalami kerusakan pertahunnya berkisar Rp3,5 miliar, sedangkan besaran biaya untuk perehaban persekolahnya mencapai Rp200 juta, sehingga pertahunnya paling banyak cuma 10 sekolah yang bisa direhab,"katanya.

Jika saja anggaran perehaban mencapai Rp16 miliar tambah dia, maka 30 persen SD yang mengalami kerusakan ini atau sekitar 120 SD dapat diselesaikan dalam dua tahun. Sebaliknya dengan anggaran yang minim tersebut maka perehabannya baru bisa selesai hingga 10 tahun kedepan, sehingga dalam rentang waktu itu sekolah yang sudah direhab sebelumnya kembali mengalami kerusakan.

Untuk itu dia berharap ke depan alokasi anggaran untuk perehaban sekolah SD di daerah itu diperbesar, mengingat kondisi bangunan sekolah yang ada saat ini mulai memperihatinkan.

Pada 2011 lalu, jumlah SDN yang direhab memakai dana APBN hanya satu sekolah, yakni SDN 5 Binginteluk, Kecamatan Rawasilir. Sedangkan tujuh SDN lainnya, ditambah pembangunan 27 Ruang Kelas Baru (RKB) untuk sembilan SMPN, serta rehab laboratorium SMAN Muarakelingi, dibiayai APBD Musirawas, APBD Provinsi Sumsel, dan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID), senilai Rp3,5 miliar. (Lensanews)

Tidak ada komentar: