Laman

Rabu, 11 Januari 2012

Gempa 7,1 SR Goncang Aceh


BANDA ACEH, Jurnal Rakyat: Gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter yang mengguncang Aceh Rabu (11/1) sekitar pukul 01.15 WIB dinihari tadi membangunkan sebagian warga yang sedang tertidur lelap dan sempat menimbulkan kepanikan karena berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Badan Klimatologi Metereologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 7,1 SR itu berada di koordinat 2.32LU,92.82BT. Kedalaman gempa 10 Km.

Akibat gempa ini pada pukul 01.36 WIB ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tsunami untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu dan Lampung.

Selain itu, informasi dari berbagai sumber,  warga pesisir Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat dan Pulau Simeulu sempat berhamburan keluar rumah bahkan sebagian besar mengungsi ke tempat lebih tinggi. 

Namun hingga sekarang belum ada laporan korban jiwa dan laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa. Kondisi Aceh mulai normal kembali.

Di Banda Aceh bangunan-bangunan tinggi masih berdiri utuh, meski guncangan gempa dirasakan sangat kuat oleh warga. Menjelang subuh tadi sebagian besar warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Warga memilih menghindari dari dekat laut sesaat setelah gempa tadi karena trauma dengan bencana tsunami terjadi 26 Desember 2004. Mayoritas warga yang tinggal di kawasan yang parah dilanda tsunami saat itu pada dinihari tadi memilih meninggalkan rumah mereka untuk mencari tempat lebih tinggi.(Antara/Detik/Okezone)

Tidak ada komentar: