Laman

Selasa, 07 Februari 2012

KPUD Siapkan 214 Petugas Verifikasi Data Calon Independent



LUBUKLINGGAU, Jurnal Rakyat: Komisi Pemilihan Umun Daerah atau KPUD Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan mempersiapkan sebanyak 214 personil yang akan ditugaskan untuk memveifikasi data para pendukung calon perseorangan atau independent.

Ketua KPUD Lubuklinggau, Umar Zipin Marbe, Selasa (7/2), hal tersebut dilakukan mengingat kemungkinan munculnya calon independent cukup besar. Meski tidak menyebutkan nama, ia mengatakan ada beberapa orang yang diam-diam telah mengggalang dukungan masyarakat untuk maju melalui jalur independent.

"Kemungkinan muncul bakal calon dari independent akan ada, tapi kita belum bisa memastikannya,"katanya.

Oleh karena itu, kata dia pihaknya persiapkan 214 personil untuk memverifikasi data pendukung jika nantinya benar-benar muncul bakal calon dari independent.

"Untuk maju melalui jalur independent, bakal calon kandidat harus mendapatkan dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah penduduk yang ada,"jelasnya.

Sebagai contoh, kata dia misalkan jumlah penduduk Kota Lubuklinggau sebanyak 200.000 jiwa, maka calon independent harus mengumpulkan dukungan sekitar 13.000-an Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang disertai tandatangan persetujuan dukungan dari pemilik KTP yang bersangkutan.(Ande)

Tidak ada komentar: