Laman

Kamis, 09 Februari 2012

Dana NICE Musi Rawas 2012, Rp42 Juta per Desa



Renaldi Oktavianus
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat: Kucuran dana Program Nutrotion Improvement trough Community Empowerement atau NICE untuk Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, tahun 2012 ini diberikan kepada 116 desa dengan dana sebesar Rp42 Juta per desanya.

Hal tersebut diungkapkan Konsultan Program NICE Musi Rawas, Renaldi Oktavianus, diruang kerjanya, Rabu (8/2/).

"Realisasi kucuran dana NICE yang telah diterima kelompok masyarakat melalui profosal yang telah diusulkan sebelumnnya tetap akan dimintai pertanggungjawaban serta akan diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Propinsi (BPKP) dan auditor,"katanya.

Sejauh ini Program NICE di Musi Rawas, kat dia tidak ada masalah karena telah mengikuti aturan yang ada dari mekanisme pencairan, administrasi dan pelaksanaan yang cukup baik artinya penggunaan uang bantuan NICE tersebut bisa dipertangungjawabkan meskipun adminitrasi yang disusun warga masih belum maksimal.

Masih menurut Renaldi, untuk pencairan dana bantuan NICE tersebut, Dinas Kesehatan Musi Rawas melalui konsultan dalam hal ini hanya menjadi fasilitator artinya dana NICE langsung dikirim pemerintah pusat ke rekening kelompok desa penerima program NICE.

“Boleh dicek di desa, uang NICE tidak ada yang dipotong meskipun satu rupiah. Dana NICE langsung ditransfer dari pemerintah pusat ke rekening desa, kami disini hanya melakukan verifikasi usulan yang dilakukan warga,”kata Renaldi.

Apbila hasil pemeriksanaan BPKP Sumatera Selatan ditemukan adanya peyimpangan dana NICE maka uang tersebut harus disetor kembali ke rekening desa.

"Kepada seluruh kalangan masyarakat, jika di lapangan ditemukan adanya dugaan penyimpangan dapat melaporkanke Dinas Kesehatan,"tegasnya. 

Untuk diketahui,  tahap I tahun 2010, Musi Rawas mendapatkan jatah 116 desa penerima program NICE, dengan dan Rp65 juta per desa jadi totalnya sebesar Rp7.540.000.000. Sedangkan untuk tahap II, tahun 2012 ini tetap 116 desa hanya saja dananya menurun menjadi Rp42 juta per desa, total Rp4.872.000.000.(Biroe/Oeddy)

Tidak ada komentar: