Laman

Sabtu, 04 Februari 2012

Pengawasan K3 Akan Diperketat

H A Murtin
MUSI RAWAS, Jurnal Rakyat: Mulai tahun ini pengawasan terhadap perusahaan yang ada di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan terhadap pelaksanaan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) akan diperketat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Musi Rawas, H A Murtin, Kamis (2/2), Tahun ini Disnakertrans Musirawas telah memiliki dua pengawas yang bersertifikasi khusus untuk mengawasi K3.

"Dengan adanya pengawas khusus ini pihaknya berharap dapat menekan angka kecelakaan kerja di setiap perusahaan yang bergerak di Mura,”katanya.

Selama ini, kata dia laporan tentang kecelakaan kerja angkanya tidak terlalu signifikan, namun dengan adanya pengawasan ketat maka angka itu akan semakin menurun dan tidak bertambah.

"Tapi saat ini dalam pelaksanaan K3, masih terdapat kendala, yakni adanya budaya pekerja yang malas melaksanakan prosedur K3 yang telah ditentukan dan juga adanya perusahaan yang memang tidak menyediakan kelengkapan K3 bagi pekerjanya,"ujarnya.

Kendala dalam pelaksanaan K3 tersebut, menurut dia terkadang timbul dari pekerja itu sendiri, namun secara perlahan hal itu akan terus dilakukan pengawasan agar hal ini dapat tercipta dengan sendirinya.

Untuk itu Murtin berharap,semua pihak dapat melaksanakan ketentuan K3 yang memang mesti dijalankan, baik itu pekerja maupun perusahaan agar iklim dunia kerja di Mura dapat berjalan dengan baik.(Ande/Oeddy)

Tidak ada komentar: